Press Release Details

View all news

PJB Services & First Solar Menandatangani Kerjasama untuk Mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Indonesia

October 16, 2012

JAKARTA, 16 Oktober 2012 -- First Solar, Inc (NASDAQ: FSLR) dan PT. Pembangkitan Jawa Bali Services (PJB Services) hari ini menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) untuk pembangunan fasilitas pembangkit listrik tenaga surya berskala penggunaan 100 Megawatt (MW) sebagai bagian dari upaya pemenuhan permintaan energi listrik di Indonesia yang semakin meningkat.

"Indonesia sangatlah membutuhkan sumber daya energi yang hemat dan juga dapat diandalkan. Oleh karena itu, kerjasama dengan PJB Services ini dapat dijadikan sebagai solusi ideal bagi Indonesia," kata Won Park, Senior Manager Business Development and Sales First Solar Asia Tenggara. "MOU ini menunjukkan kepercayaan First Solar terhadap potensi Indonesia sebagai pasar berkelanjutan yang memanfaatkan tenaga surya sebagai menjadi bagian penting dari bauran energi Indonesia.

MOU ini merupakan bentuk kerjasama pertama First Solar di Indonesia, dan merupakan bagian dari strategi First Solar untuk masuk ke pasar energi berkelanjutan dunia yang terus berkembang. MOU ini juga merupakan langkah pertama dalam mengembangkan fasilitas pembangkit listrik tenaga surya photovoltaic berskala penggunaan untuk PJB Services, yang merupakan sebuah perusahaan pengoperasian dan perawatan fasilitas pembangkit listrik tradisional di Indonesia. PJB sebagai perusahaan induk, yang merupakan anak perusahaan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

MOU ini merupakan langkah awal kerjasama kedua perusahaan dalam pengembangan, pengadaan, pembangunan, pengoperasian, dan perawatan proyek berkapasitas kurang lebih 100 MW dari pembangkit listrik bertenaga surya PV, termasuk soulsi hibrid PV yang menggunakan modul PV berlayar tipis beserta sistem layanan dan komponen terkaitnya.

"Kami menyambut baik kesempatan untuk bekerjasama dengan perusahaan penyedia tenaga surya terkemuka di dunia untuk mengembangkan pembangkit listrik PV di Indonesia," kata Bernadus Sudarmanta, Presiden PJB Services. "Listrik tenaga surya PV dapat membantu Indonesia untuk memenuhi kebutuhan listriknya yang terus meningkat serta mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil."

Tentang First Solar, Inc.

First Solar adalah perusahaan yang unggul di bidang penyediaan sistem tenaga surya photovoltaic (PV) yang menggunakan modul berlayar tipis. Sistem pembangkit listrik First Solar yang sudah terintegrasi mampu memberikan tenaga alternatif menggantikan energi fosil. Dari pengadaan bahan baku hingga pengumpulan dan pendaurulangan modul-modul yang sudah habis masa penggunaannya, energi berkelanjutan First Solar mampu melindungi dan memperbaiki lingkungan hidup. Untuk informasi lebih lanjut mengenai First Solar, silakan mengunjungi www.firstsolar.com.

Untuk Investor First Solar

Siaran Pers ini mengandung pernyataan mengenai prediksi ke depan yang dibuat sesuai dengan Section 21E di Securities Exchange Act tahun 1934. Pernyataan prediksi ini tidak menjamin performa perusahaan ke depannya. Pernyataan tersebut mengandung berbagai faktor yang dapat menyebabkan perbedaan hasil akhirnya, termasuk resiko yang berhubungan dengan produk perusahaan, pengembangan dan sistem distribusi, faktor ekonomi dan kompetisi, dan aspek strategi dan risiko perusahaan lainnya yang terdaftar di Security and Exchange Commission. First Solar tidak bertanggung jawab untuk memperbarui informasi yang tertulis dalam pernyataan prediksi di siaran pers ini ataupun pengumuman yang terkandung di dalamnya.

Tentang PJB Services

PT PJB Services adalah anak perusahaan PT. Pembangkitan Jawa Bali, sebuah anak perusahaan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), yang didirikan untuk menjawab kebutuhan dalam menjalankan pelayanan dan perawatan fasilitas pembangkit tenaga listrik. PT PJB Services didirikan pada tanggal 31 Maret 2001 yang 95% kepemilikannya dipegang oleh PT PJB dan 5% kepemilikannya dipegang oleh Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PJB. PT. PJB Services memfokuskan operasinya hanya di perawatan fasilitas. Akan tetapi, PT. PJB Services telah mengembangkan kemampuannya untuk pengoperasian dan perawatan fasilitas pembangkit listrik. Saat ini, PT. PJB Services memiliki cakupan di Indonesia, Singapura, Malaysia, Kuwait, Cina dan Arab Saudi. http://www.pjbservices.com/

Kontak

First Solar Indonesia - Burson-Marsteller

Mirza Natadisastra
+62 (816) 4840392
mirza.natadisastra@bm.com

First Solar-USA

Ted Meyer
+1 (602) 427-3318
media@firstsolar.com
Alan Bernheimer
+1 (510) 625-7447
media@firstsolar.com

First Solar-EMEA

Brandon Mitchener
+32 (2) 233-1113
media@firstsolar.com

Investor First Solar

David Brady
+1 (602) 414-9315
dbrady@firstsolar.com
Ryan Ferguson
+1 (602) 414-9315
rferguson@firstsolar.com
Ora Crossley
+1 (602) 414-9315
OCrossley@firstsolar.com

Categories: Press Releases
View all news